Imbau Pilkada Serentak Aman dan Damai, Nusa Pers Buat Video Edukasi

Jakarta – Pada tahun 2020 ini, Indonesia kembali akan melaksanakan Pilkada serentak di 270 daerah.  Semua pihak pun berharap Pilkada 2020 dapat berjalan dengan damai dan tidak dipenuhi dengan ujaran kebencian, hoax dan isu SARA.

Oleh karena itu sangatlah diperlukan stabilitas politik dan keamanan. Karena bagaimanapun juga demokrasi sudah kita sepakati, sehingga jangan dirusak dengan sikap politik kotor seperti black campaign.

Presiden RI Joko Widodo menginginkan agar pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di 270 daerah berjalan aman dan demokratis, dirinya juga menginginkan gelaran Pilkada berlangsung dengan sejuk. Tidak ada saling fitnah antar sesama.

“Saya hanya titip marilah kita menjaga agar pilkada yang sebanyak 270 itu berjalan aman, berjalan damai, bermartabat, dan demokratis. Jangan sampai ada lagi politik SARA, Setop enggak ada itu,” ujar Presiden saat menghadiri Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura Masa Bakti 2019-2024, di Jakarta Convention Centre (JCC), Provinsi DKI Jakarta,  Jumat (24/1).

Kepala Negara mengingatkan jangan lagi ada hoaks, ujaran-ujaran kebencian, saling fitnah, dan saling hujat-menghujat.

“Situasi yang kondusif itu sekarang sengat diperlukan sekali, stabilitas politik dan kamanan itu sangat diperlukan sekali oleh negara mana pun, negara kita juga dalam rangka pembangunan negara yang kita cintai,” tambah Presiden.

Selain itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sepakat mengusung tema pemilihan kepala daerah (pilkada) sebagai Gerakan Perlawanan Covid-19. Tema tersebut diyakini akan mendorong peserta pilkada beradu strategi dan bertindak menekan penyebaran virus corona.

“Ini momentum emas dalam rangka menurunkan penyebaran Covid-19,” kata Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian usai bertemu dengan komisioner KPU di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Kamis (30/7/2020).

Selain sebagai momentum menurunkan penyebaran Covid-19, Pilkada serentak juga tentunya menjadi hal yang dapat diandalkan dalam meningkatkan perekonomian di seluruh daerah tanah air. Sebab, dalam kontestasi pilkada para kontestan berbagai macam alat kampanye baik dalam bentuk cetak maupun dalam dunia maya, yang tentunya akan melibatkan sektor usaha sehingga mampu meningkatkan roda perekonomian.

Nusa Pers telah menunjuk beberapa narasumber ternama dan komprehensif di dalam pembuatan video. Harapannya dengan hadirnya video edukasi tersebut, masyarakat luas dapat membantu hadirnya Pilkada Serentak yang Aman, Damai dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *